cover

SEO Writer adalah Pekerjaan Penuh Potensi di Era Digital

Di dunia ini terdapat berbagai macam pekerjaan. Hal ini dipengaruhi oleh perkembangan dunia ke arah digital. Pada bidang marketing, Anda akan menemukan berbagai pekerjaan yang membantu sebuah bisnis berkembang. Salah satu pekerjaan yang masuk ke ranah marketing adalah SEO Writer atau SEO Content Writer. SEO Writer adalah pekerjaan yang berfokus dalam menulis artikel.

Lantas apa yang membedakan SEO Writer dengan Writer? SEO Writer merupakan penulis artikel yang menerapkan teknik SEO dalam penulisannya. Konten yang ditulis oleh SEO Writer kemudian menjadi materi dalam kegiatan pemasaran konten. Seorang SEO Writer wajib memahami penyebaran kata kunci secara cepat.

Tugas dari SEO Writer

Setiap pekerjaan memiliki tugas utama yang perlu dilakukan. Begitu pula dengan SEO Writer. Supaya Anda memperoleh gambaran mengenai pekerjaan ini, terdapat beberapa tugas dari SEO Writer dalam mengembangkan kata kunci menjadi sebuah tulisan. Tugasnya adalah sebagai berikut.

  1. Melakukan riset topik untuk keperluan pengembangan konten.
  2. Melakukan riset kata kunci.
  3. Memproduksi konten yang menarik dan berkualitas.
  4. Menambahkan link internal dan eksternal.
  5. Memonitor performa artikel di mesin pencari.

Baca juga: Ketahui Cara Jitu untuk Cek Keyword Density Artikel Anda

Kemampuan yang wajib dikuasai

Dalam melakukan pekerjaannya, seorang SEO Writer harus memiliki kemampuan yang wajib dikuasai. Jika SEO Writer dapat menguasai beberapa kemampuan yang ada, tentu memudahkan pekerjaan mereka dalam memproduksi konten untuk sebuah website. Apa saja kemampuan wajib dari SEO Writer? Lihat penjelasan di bagian berikut.

  1. Memiliki kemampuan menulis yang baik.
  2. Memahami dasar-dasar SEO.
  3. Mengerti cara kerja mesin pencari.
  4. Mengikuti algoritma mesin pencari.
  5. Dapat beradaptasi terhadap perubahan algoritma mesin pencari.
  6. Mampu mengikuti perkembangan tren terkini.

Besaran gaji SEO Writer tahun 2023

Setiap pekerjaan memiliki besaran gaji tertentu. Hal ini juga berlaku bagi gaji SEO Writer. Berapa sih besaran gaji dari seorang SEO Writer di tahun 2023 ini? Berdasarkan data dari Glassdoor, rata-rata gaji dari seorang SEO Writer adalah Rp5,500,000 per bulan. Namun seiring bertambahnya pengalaman dan kemampuan di bidang ini, tentu mempengaruhi gaji yang diperoleh.

Tips berkarir sebagai SEO Writer

Dalam memulai karir, tentu Anda perlu mempersiapkan diri supaya Anda dapat bekerja dengan optimal. Apa saja yang harus disiapkan dalam memulai bekerja sebagai SEO Writer? Pada bagian selanjutnya terdapat penjelasan beberapa tips dalam berkarir sebagai seorang SEO Writer.

1. Menambah wawasan baru

Seorang SEO Writer diharapkan agar menjadi penulis yang handal dalam membuat tulisan dengan berbagai topik. Sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam produksi konten di website, penting sekali untuk menambah wawasan baru. Anda dapat membaca buku atau tulisan online untuk memperoleh pengetahuan baru.

2. Menentukan jenis tulisan

Tips kedua yang sangat penting adalah dengan menentukan jenis konten yang akan ditulis. Jika Anda memahami search intent, tentu sangat memudahkan penulisan konten. Sebab Anda telah mendapat gambaran jenis konten seperti apa yang bisa dikembangkan menjadi tulisan baru.

3. Melakukan riset secara berkala

Sebagai seorang SEO Writer, riset adalah kegiatan wajib. Tujuannya supaya Anda bisa mengetahui jenis tulisan yang dibutuhkan audiens. Dalam melakukan riset, Anda perlu meriset topik yang berkaitan dan berikutnya dapat meriset kata kunci. Kegiatan riset juga menjadi upaya dalam memperoleh informasi yang relevan.

4. Menguasai kemampuan yang dibutuhkan

Tips yang tidak kalah penting dalam memulai karir di pekerjaan ini adalah menguasai kemampuan. Kemampuan yang dimiliki bisa berupa keterampilan teknis dan juga non teknis. Seorang SEO Writer akan terlihat berbeda dibanding Writer lainnya jika menguasai banyak kemampuan yang dapat menunjang pekerjaan ini.

5. Membuat portfolio

Hal terakhir yang harus dilakukan sebelum memulai karir adalah membuat portfolio. Portfolio merupakan kumpulan tulisan-tulisan Anda. Dari portfolio, maka rekruter dapat mengetahui sejauh apa kemampuan Anda. Anda bisa membuatnya dengan format .pdf atau juga dengan meletakkannya di website tersendiri.

Memilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan minat Anda membutuhkan waktu. Untungnya pada era digital ini Anda dapat menemukan berbagai jenis pekerjaan. Jika Anda berminat untuk berkarir sebagai SEO Writer, alangkah baiknya untuk memahami dasar-dasar seputar kepenulisan dan juga SEO sebagai nilai plus.

Baca juga: Apa Saja Sih Perbedaan Content Writer dan Copywriter?

No Comments

Post a Comment

Any question ?