faktur pajak google ads

Faktur Pajak Google Ads yang Patut Kamu Perhatikan

Boldee! Tahukah kamu bahwa pada 1 Oktober 2019 lalu, Google Indonesia telah menerapkan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10 persen untuk setiap layanan Google Ads. Langkah tersebut diambil dalam kapasitas Google mematuhi ketentuan regulasi perpajakan di Indonesia. Hal ini tentu saja berdampak langsung kepada pengguna Google Ads yang akan menerima faktur pajak Google Ads dari Google Indonesia sesuai dengan penggunaan PPN tersebut.  

Perubahan Faktur Pajak tersebut berlaku bagi siapa?

Perubahan tersebut berlaku bagi setiap akun Iklan Google dengan alamat penagihan di Indonesia. Bagi pelanggan yang merupakan pemungut PPN, mereka diharuskan menyediakan bukti surat setoran pajak asli dan ditandatangani sebagai persyaratan untuk menerima faktur pajak Google Ads dari Google Indonesia. Sementara itu, bagi pelanggan yang merupakan pengoleksi PPN, mereka diwajibkan memberikan bukti pembayaran PPN dengan mengirimkan dokumen fisik asli dan ditandatangani untuk faktur pajak Google Ads.

Google menyatakan bahwa langkah ini merupakan tanggapan dari Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 35/PMK.03/2019 tentang Penentuan Bentuk Usaha Tetap (BUT). Pemerintah akan menghitung kewajiban pajak berdasarkan volume kegiatan bisnis di Indonesia, bukan berdasarkan bentuk perusahaan tetap.

Mengapa Google mengambil langkah tersebut?

Langkah tersebut dilakukan untuk memastikan Google dan perusahaan sejenisnya memenuhi kewajiban perpajakan dan mendukung perekonomian negara. Adanya PPN pada layanan Google Ads tentunya mempengaruhi pengguna dan pelanggan di Indonesia. Tentunya pengguna perlu mematuhi regulasi perpajakan tersebut dalam rangka menjalankan bisnis dan kegiatan pemasaran melalui platform Google Ads.

Dengan adanya PPN pada layanan Google Ads, diharapkan pemasar dan bisnis di Indonesia dapat menjalankan kegiatan pemasaran secara legal dan sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku, serta turut mendukung pertumbuhan ekonomi negara.

Sekaligus menjadi bagian penting dalam mendukung transparansi dan kepatuhan perpajakan, sekaligus mendorong pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Termasuk penerimaan faktur pajak Google Ads.

Baca juga:


OHBold Creative Agency
Membantu Brand Memenangkan Pasar.
Info Selengkapnya

Hubungi Kami!


No Comments

Post a Comment

Any question ?