cover

Contoh Viral Marketing 2023 yang Bisa Anda Terapkan

Marketing akan berjalan dengan sukses jika audiens mulai menyadari keberadaan bisnis Anda. Sebagai pebisnis, Anda dapat mempertimbangkan strategi marketing yang lebih menarik perhatian banyak orang. Strategi tersebut adalah viral marketing. Supaya Anda mendapatkan sedikit gambaran mengenai itu, Anda bisa menemukan contoh viral marketing dalam artikel ini.

Sebelum membahas lebih jauh seputar contohnya, apakah Anda pernah mendengar istilah viral marketing? Viral marketing adalah strategi marketing yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dari audiens terhadap produk/jasa yang ditawarkan. Viral marketing ini menjadi salah satu teknik marketing yang populer saat ini. Hal ini didukung oleh kemunculan media sosial yang mengakibatkan penyebarannya sangat cepat.

Baca juga: 10 Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Anda

Manfaat viral marketing

Ketika Anda mencoba teknik viral marketing dalam memasarkan produk/jasa, bisnis Anda akan merasakan manfaatnya. Beberapa manfaaf dari viral marketing adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan brand awareness

Viral marketing berpotensi dalam meningkatkan brand awareness. Saat audiens mengetahui iklan yang dipublikasikan, tentu membuat bisnis Anda perlahan-lahan dikenal. Selain itu, viral marketing ini juga berfungsi dalam mengenalkan produk/jasa dari bisnis Anda. Maka dari itu, viral marketing begitu berguna untuk menarik banyak audiens baru.

2. Menghemat biaya

Dalam memasarkan suatu produk/jasa, hal yang selalu diperhatikan adalah biaya pemasarannya. Dengan menggunakan teknik viral marketing, maka Anda dapat menghemat biaya. Sebabnya adalah ketika iklan bisnis Anda dikenal banyak orang, tentu Anda bisa mengalihkan biaya beriklan untuk keperluan lainnya.

3. Menjangkau pasar lebih luas

Teknik viral marketing terbukti dalam meraih banyak audiens dari berbagai kalangan. Hal ini didukung oleh perkembangan teknologi yang membuat iklan tersebar dengan cepat, sehingga berhasil menjangkau pasar yang luas. Momen seperti inilah Anda harus mulai melakukan pendekatan lebih jauh terhadap audiens tersebut.

Cara memaksimalkan teknik viral marketing

Supaya teknik viral marketing dapat memberikan hasil akhir yang memuaskan, Anda perlu mengetahui bagaimana cara memaksimalkan teknik viral marketing. Beberapa cara yang Anda bisa lakukan adalah sebagai berikut.

1. Memahami produk/jasa Anda

Hal yang pertama dalam menerapkan teknik viral marketing adalah memahami produk/jasa dari bisnis Anda. Jika Anda telah memahami sepenuhnya seperti apa produk/jasanya, tentu memudahkan Anda dalam menentukan siapa target audiens. Memiliki pemahaman seputar produk menjadi penilaian plus dari audiens.

2. Mengetahui siapa target audiens

Supaya produk/jasa Anda semakin dikenal, menentukan audiens adalah hal yang krusial. Sebab audiens memiliki peranan yang besar dalam menyebarkan informasi kepada lingkup yang lebih luas lagi. Ketika Anda sudah mengetahui target audiens yang tepat, maka Anda bisa mulai menerapkan teknik viral marketing.

3. Membuat konten yang menarik

Konten adalah kunci sukses dari viral marketing. Membuat konten yang menarik bisa mendatangkan lebih banyak audiens. Tentunya dengan kualitas konten yang baik, maka iklan dari produk Anda akan terus diperbincangkan. Selain itu, konten yang menarik juga bisa membangun kesadaran bahwa produk Anda terbeda dari kompetitor.

4. Memilih platform yang sesuai

Setelah membuat konten, hal yang tidak kalah penting adalah memilih platform yang sesuai. Setiap platform memiliki karakteristiknya masing-masing, seperti media sosial Instagram, Facebook, Twitter, dan TikTok. Untuk itu, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu dari setiap platform ini.

Baca juga: Ketahui Manfaat Tiktok Sebagai Media Promosi dalam Bisnis

5. Mengajak audiens untuk melakukan aksi

Dalam sebuah konten biasanya pada bagian akhir terdapat kalimat yang menyiratkan ajakan (call to action), seperti ajakan untuk menyukai, mengomentari, dan membagikan. Ketika audiens melakukan hal tersebut, maka tentunya konten yang dibuat akan semakin menyebar luas kepada audiens lainnya.

Kelima cara untuk memaksimalkan viral marketing dapat Anda terapkan pada teknik marketing pada bisnis Anda. Selanjutnya adalah Anda akan menemukan contoh viral marketing yang membuktikan keberhasilan viral marketing.

Contoh viral marketing

Berikut ini adalah contoh viral marketing yang terjadi di tahun 2023. Konten yang dibuat dengan menerapkan teknik ini jenisnya adalah iklan visual dan iklan billboard.

1. Iklan Marjan

contoh viral marketing

Marjan adalah sebuah produk sirup yang iklan-iklannya menjelang bulan Ramadhan selalu menjadi perbincangan oleh netizen. Iklan terbarunya yang tayang pada bulan Februari 2023 berhasil viral di berbagai kalangan. Banyak audiens yang memuji iklan bertajuk “Marjan Cinematic Universe” tersebut.

Karena temanya yang unik inilah Marjan menjadi iklan yang banyak dibicarakan selama tahun 2023 ini. Hal ini menandakan bahwa teknik viral marketing dari Marjan berhasil menjangkau banyak pihak. Selain itu juga menjadikan Marjan sebagai produk yang selalu dicari di bulan Ramadhan.

2. Iklan Nugget Kanzlercontoh viral marketing

Iklan selanjutnya yang menerapkan teknik viral marketing adalah iklan Nugget Kanzler. Merk nugget ini menjadikan Nicholas Saputra sebagai bintang iklannya. Iklan berbentuk billboard tersebut berada di berbagai tempat di Jakarta. Hal ini menjadi perbincangan di media sosial. Nugget yang menjadi kesukaan netizen saat ini berhasil menerapkan teknik viral marketing. Terbukti dari iklannya yang menyebar luas di media sosial dan membuat audiens tertarik untuk mengonsumsi nugget tersebut.

Baca juga: 12 Cara Efektif Membuat Iklan yang Menarik dan Berkualitas


OHBold Creative Agency
Membantu Brand Memenangkan Pasar.
Info Selengkapnya

Hubungi Kami!


No Comments

Post a Comment

Any question ?