cover

12 Cara Membuat Iklan yang Menarik dan Berkualitas

Membuat iklan yang efektif bisa tampak seperti tugas yang menakutkan, tetapi bisa dilakukan jika Anda melakukannya selangkah demi selangkah. Sebagai pebisnis, Anda juga perlu berpikir kreatif agar produk Anda diterima oleh masyarakat. Salah satu cara untuk memasarkan produk-produk ini adalah melalui iklan. Namun, masih banyak orang Indonesia yang menghindari atau melewatkan iklan.

Untuk menarik perhatian masyarakat, diperlukan trik khusus untuk membuat iklan yang menarik. Lantas bagaimana caranya membuat iklan yang menarik agar disukai dan diingat banyak orang? Berikut ini cara menguasai prosesnya.

Proses membuat iklan yang menarik

1. Pilih tempat yang tepat untuk iklan

Sebelum Anda membuat iklan yang unik dan menarik, Anda harus terlebih dahulu menentukan tempat di mana Anda ingin beriklan. Carilah tempat yang akan dilihat dan dilewati banyak orang. Dengan cara ini kemungkinan besar iklan yang Anda buat akan dibaca oleh banyak orang yang tertarik dengan produk yang Anda iklankan.

2. Rancang judul atau slogan yang unik

Untuk membuat orang membaca iklan, Anda harus menggunakan bahasa yang sederhana dan pilihan kata yang tepat. Dalam hal ini, judul iklan memainkan peran penting. Jadi buatlah judul atau slogan seunik dan semenarik mungkin sehingga membuat orang penasaran untuk membaca iklan tersebut lebih lanjut.

3. Perhatikan detail desain

Jika Anda ingin membuat banyak iklan, pastikan Anda menggunakan warna dan font secara konsisten dan menyertakan logo produk sehingga orang dapat dengan mudah mengingatnya.

4. Buat penawaran yang menarik

Penawaran yang menarik adalah salah satu cara untuk menarik calon pelanggan. Sertakan penawaran ini dalam iklan, seperti pengiriman gratis, diskon, beli satu gratis satu dan sebagainya.

 5. Tampilkan tokoh-tokoh penting dan terkenal

Saat ini, iklan menggunakan ikon yang digandrungi oleh masyarakat sehingga produk mereka dapat dilihat dapat dipercaya dan diterima oleh masyarakat. Juga tidak jarang melihat banyak iklan yang menampilkan tokoh penting dan artis terkenal untuk membuat orang penasaran. Hal ini karena semakin kreatif iklan tersebut, maka akan semakin menarik perhatian masyarakat.

Baca juga : Jasa SEO Terpercaya dan Berpengalaman di Indonesia

Cara membuat iklan yang menarik

Sebuah bisnis hidup atau mati pada kemampuannya untuk beriklan dengan sukses. Sebagai seorang kreatif yang bekerja di bidang periklanan, Anda perlu tahu cara membuat iklan yang menarik bagi pelanggan yang tepat dan memecahkan masalah bisnis.

Sebuah bisnis hidup atau mati pada kemampuannya untuk beriklan dengan sukses. Sebagai seorang kreatif yang bekerja di bidang periklanan, Anda perlu tahu cara membuat iklan yang menarik bagi pelanggan yang tepat dan memecahkan masalah bisnis. Berikut ini cara menguasai prosesnya:

1. Pilih target audiens Anda

Saat Anda mengerjakan iklan yang mudah diingat, Anda perlu memastikan bahwa iklan tersebut ditujukan untuk calon pelanggan. Pemilihan audiens memungkinkan Anda mengembangkan strategi pemasaran yang tepat dengan memilih desain iklan, pesan, dan platform yang optimal.

2. Lakukan riset pasar

Untuk mengetahui target audiens Anda, penting untuk melakukan riset pasar untuk mengembangkan tujuan kampanye yang tepat. Riset pasar ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan penting tentang audiens target Anda, seperti: Berapa pendapatan mereka? Apa kepentingan mereka? Berapa umur mereka? Apakah mereka punya anak? Di mana mereka tinggal? Platform media sosial apa yang mereka gunakan?

3. Pilih platform dan format iklan Anda

Setelah riset pasar, saatnya memilih platform iklan dan format iklan yang menarik bagi audiens target Anda. Media sosial, televisi, radio, podcast, surat kabar, dan mesin pencari, semuanya merupakan arena untuk beriklan. Anda tidak hanya perlu mengetahui target audiens Anda, tetapi Anda juga perlu menentukan biaya platform dan format yang berbeda – iklan cetak, video, dan audio semuanya memiliki harga yang berbeda.

Jika Anda adalah bisnis kecil baru dengan anggaran terbatas, Anda mungkin hanya mampu membeli iklan cetak di koran lokal. Jika Anda adalah merek internasional yang sudah mapan, Anda mungkin memiliki dana untuk menjalankan iklan televisi dan kampanye pemasaran media sosial.

Baca juga:  Selling Product Online? Choose the Right Social Media Platform!

4. Tentukan intent dalam membuat iklan

Sementara iklan satu kali terutama dirancang untuk menyoroti produk musiman tertentu, kampanye bertujuan untuk menciptakan afinitas merek jangka panjang dengan cerita, estetika, atau tujuan yang terkadang berlangsung bertahun-tahun. Dalam kampanye, karakter berevolusi dari waktu ke waktu, yang berarti mereka melampaui iklan dan menjadi terintegrasi ke dalam budaya populer.

5. Buat pesan yang mudah diingat

Saat mendesain pesan Anda, hal utama yang harus Anda cari adalah pesan yang mudah diingat sehingga menonjol dari kompetisi. Salah satu cara untuk memastikan bahwa iklan Anda menarik perhatian adalah dengan menyoroti keunggulan unik produk Anda yang tidak ditawarkan pesaing Anda.

6. Kumpulkan elemen kreatif

Sekarang saatnya memutuskan elemen kreatif seperti apa yang Anda butuhkan. Apa pun medianya, Anda mungkin akan memerlukan salinan iklan. Teks pendek biasanya digunakan untuk iklan gambar, iklan cetak dan halaman arahan internet, teks panjang biasanya diperlukan untuk iklan video. Iklan online dan cetak mungkin juga memerlukan gambar khusus dalam hal iklan cetak, gif animasi. Anda biasanya akan menyewa seorang desainer grafis untuk bekerja dengan gambar Anda sendiri atau stok foto.

7. Buat video Anda sendiri

Untuk iklan online atau TV, Anda mungkin dapat membuat video dengan tim pembuat konten internal Anda, tetapi juga umum untuk mempekerjakan sumber daya dari luar untuk memproduksi konten. Pastikan bahwa spesifikasi konten Anda cocok dengan platform Anda. Misalnya, jika platform Anda adalah video online, pastikan produser video Anda mengekspor video Anda dalam format, ukuran, dan rasio aspek yang tepat untuk platform itu.

8. Gunakan visual yang menarik perhatian

Seperti halnya pesan yang menarik, gambar yang menarik perhatian akan membantu menarik perhatian pada iklan Anda. Teks polos pada latar belakang yang membosankan tidak menarik perhatian sebanyak grafis yang menarik dan rekaman video yang menawan. Gunakan semua alat bantu desain yang Anda inginkan untuk menambahkan gambar yang menarik perhatian ke iklan Anda. Skema warna yang menyenangkan, cerah dan tipografi yang unik adalah cara umum untuk mencapai hal ini.

9. Sertakan ajakan to action

Pastikan iklan Anda menyertakan ajakan bertindak sehingga calon pelanggan Anda harus melakukan lebih dari sekadar melihat iklan Anda. Buat audiens target Anda melakukan hal-hal seperti mengklik ke situs web merek, memesan produk, atau mendaftar ke milis. Ajakan bertindak Anda harus menarik dan diucapkan secara persuasif untuk lebih memotivasi orang untuk mengikuti penawaran.

10. Sertakan informasi yang relevan

Tergantung pada tujuan iklan, Anda harus menyertakan informasi penting tentang produk, layanan atau acara. Misalnya, jika Anda membuat iklan konser yang paling merangsang secara visual, tetapi tidak menyertakan tanggal dan lokasi acara, maka iklan tersebut tidak akan berguna bagi pemirsa.

11. Kembangkan sistem pelacakan

Penting bagi semua wirausahawan, terutama mereka yang meluncurkan produk baru  menyiapkan sistem untuk melacak kinerja iklan mereka. Banyak platform periklanan online yang sudah memiliki sistem pelacakan data yang memungkinkan Anda melacak tingkat konversi iklan dan statistik keterlibatan.

12. Analisis data iklan dan buat perubahan

Setelah Anda memasang iklan, gunakan sistem pelacakan Anda untuk menganalisis data dan membuat perubahan yang dapat Anda terapkan pada kampanye iklan berikutnya. Dengan cara ini, Anda dapat terus meningkatkan strategi periklanan perusahaan Anda dan tidak harus memulai dari awal setiap kali seolah-olah itu adalah kampanye iklan pertama Anda.

No Comments

Post a Comment

Any question ?