cover

Begini Cara Mengatasi Akun WhatsApp Bisnis Diblokir

WhatsApp Business atau WhatsApp Bisnis menjadi media untuk berkomunikasi dengan konsumen. Anda dapat menginformasikan apapun seputar produk Anda kepada mereka. Namun sayangnya ketika komunikasi sedang berlangsung, akun WhatsApp Bisnis Anda diblokir. Mengapa masalah ini bisa terjadi?

Masalah yang satu ini begitu mengkhawatirkan para pemilik bisnis karena komunikasi jadi terhambat. Anda dapat mengetahui akun telah diblokir ketika mengakses aplikasi tersebut terdapat keterangan “Nomor telepon Anda diblokir untuk menggunakan WhatsApp. Hubungi dukungan untuk bantuan.” Untuk itu, Anda perlu mengetahui apa saja yang menyebabkan akun Whatsapp Bisnis dan juga cara menyelesaikannya.

Penyebab akun WhatsApp Bisnis diblokir

Permasalahan akun yang diblokir menjadi hal yang menakutkan bagi pemiliknya. Begitu pula jika hal ini terjadi pada akun WhatsApp Bisnis Anda. Adanya masalah ini karena berbagai penyebab yang memicu pemblokiran terjadi. Apa saja penyebabnya? Simak penjelasan lebih dalamnya di bawah ini.

1. Terlalu sering mengirim pesan iklan

Whatsapp Bisnis digunakan menjadi media untuk beriklan. Dalam aplikasi tersebut Anda dapat mengirimkan pesan iklan kepada konsumen. Namun mengirim pesan terlalu banyak mengakibatkan akun Anda ditandai sebagai spam sehingga akun WhatsApp Bisnis diblokir.

2. Diblokir oleh banyak pengguna

Hal lain yang menjadi penyebab mengapa akun WhatsApp Bisnis Anda diblokir adalah karena tingginya frekuensi laporan oleh pengguna. Jika Anda sering dilaporkan oleh konsumen Anda dalam waktu yang singkat, maka yang terjadi adalah WhatsApp mendeteksi akun anda sebagai akun yang memiliki aktivitas tidak wajar sehingga pemblokiran terjadi.

3. Terjadinya pelanggaran ketentuan layanan WhatsApp

Pelanggaran seperti apa yang memicu terjadinya pemblokiran akun WhatsApp Bisnis? Di antaranya adalah mengunggah hoax, mengintimidasi konsumen, dan perilaku tidak pantas lainnya. WhatsApp begitu menjaga keamanan aplikasinya sehingga hal-hal tersebut bisa mengakibatkan akun Anda diblokir.

4. Terdapat virus atau malware pada file

WhatsApp Bisnis memiliki fitur yang memudahkan pengguna untuk mengirim file. Namun terdapat larangan dari WhatsApp untuk mengirimkan file yang mengandung virus atau malware berbahaya. File yang membahayakan tersebut membuat WhatsApp mengambil tindakan untuk memblokir akun yang bersangkutan.

Cara mengatasi akun diblokir

Setiap masalah yang terjadi pasti memiliki solusinya. Hal yang sama juga berlaku bagi akun WhatsApp Bisnis yang diblokir. Bagi Anda yang mengalami hal ini, tidak perlu khawatir. Sebab Anda akan memperoleh cara dari masalah tersebut. Bagaimana cara mengatasinya? Yuk lihat beberapa cara berikut.

1. Ajukan permohonan

Langkah pertama untuk mengatasi akun Anda yang diblokir adalah dengan mengajukan permohonan terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mencari tahu kategori akun Anda. Selanjutnya bisa mengklik “Hubungi Kami” untuk mengirim pesan kepada pihak WhatsApp dan mengajukan permasalahan pada akun Anda. Pastikan untuk mengisi informasi yang dibutuhkan secara lengkap dan jelaskan masalahnya secara detail.

Berikutnya adalah mengajukan permohonan kepada smb_web@support.whatsapp.com. Supaya mempermudah pengajuan, pakai email dari akun bisnis Anda. Selain itu, jangan lupa untuk menjelaskan secara lengkap kronologi ketika terjadinya pemblokiran pada akun Anda. 

2. Tunggu hasil dari pengajuan permohonan

Langkah selanjutnya adalah dengan menunggu proses pengajuan permohonan tersebut. Selama menunggu, Anda bisa memeriksa kembali pesan yang telah dikirimkan. Proses ini memang membutuhkan waktu, tetap Anda tidak perlu khawatir karena pihak WhatsApp pasti akan membantu menyelesaikan masalah ini.

3. Cegah pemicu akun diblokir

Sebagai pengguna WhatsApp Bisnis, Anda perlu mengetahui bagaimana caranya agar pemblokiran ini tidak terjadi kembali. Anda bisa melakukan hal yang sewajarnya seperti mengirimkan pesan secara bertahap supaya tidak terdeteksi sebagai spam. Selain itu, periksa juga jenis file yang digunakan untuk beriklan agar tidak membahayakan akun Anda.

Bagi pemilik bisnis keberadaan WhatsApp Bisnis sangat memudahkan mereka untuk menghubungi konsumen. Namun alangkah baiknya untuk memahami bahwa masalah pemblokiran ini bisa terjadi sewaktu-waktu. Maka dari itu, Anda perlu berhati-hati selama menggunakan aplikasi ini agar proses pemasaran bisa berjalan dengan optimal.


OHBold Creative Agency
Membantu Brand Memenangkan Pasar.
Info Selengkapnya

Hubungi Kami!


No Comments

Post a Comment

Any question ?